skip to Main Content
021-2278-5644 info@excelis.co.id
Mendekati Positive Mover Sang Pembawa Semangat

Mendekati Positive Mover sang Pembawa Semangat

Pernahkah kita merasakan kehilangan seseorang? Saat ia ‘menghilang’, saat itu juga jiwa kita terasa kosong. Tidak ada energi untuk hari ini, tidak ada gambar masa depan untuk hari – hari mendatang, yang tersisa hanya rasa yang hampa.

Jika itu terjadi, kita benar – benar dalam posisi bergantung pada kehadiran orang lain. Jika ia tidak hadir, maka jiwa kitapun tidak bisa ‘hadir’ dalam kehidupan yang sedang kita jalani. Bisa saja mereka adalah orang tua kita, sahabat kita, teman kost, teman kerja, putera/puteri kita atau pasangan hidup kita. Siapapun mereka pastilah ‘nilai’ mereka sangat besar bagi kehidupan kita. Sehingga kehadirannya benar – benar bisa mengisi hari – hari yang kadang terasa membosankan karena rutinitas yang tidak berubah.

Ada juga yang sebaliknya, kita dihadapkan pada orang yang membuat jiwa menjadi Lelah. Setiap bertemu dengannya, saat berbicara dengannya, kita merasa dunia menjadi gelap, banyak masalah namun tidak ada jalan keluarnya. Sepanjang waktu, kita gunakan untuk menghindar dan bersembunyi atau memaki karena kecewa dengan keadaan – keadaan yang tidak sesuai keinginan kita.

Dengan penjelasan diatas, kita bisa memahami bahwa berdasarkan energi yang dimiliki, terdapat dua jenis pribadi yaitu

  1. Positive Mover
  2. Negative Mover

Positive Mover adalah orang – orang yang bisa memberikan energi positif kepada kita, bisa memberikan semangat, membawa ketenangan, kebahagiaan bahkan harapan – harapan baru untuk masa depan. Sementara Negative Mover adalah orang – orang yang sebaliknya, menyimpan energi yang negative, bahkan sering menebarkannya ke lingkungan sekitar sehingga bisa menyedot energi positif dari tubuh kita.

Dengan menyadari dua jneis pribadi tersebut, kita bisa dengan cepat memutuskan siapa yang kita datangi untuk menjaga tingkat semangat kita dan siapa yang harus kita hindari.

Mari kita lihat, apakah kita sudah bisa mengenali siapa orang -orang di sekitar kita yang termasuk pribadi Positive Mover dan Negative Mover. Sebutkan masing – masing 3 nama untuk setiap jenis pribadi.

Jika kita cepat menemukannya, artinya kita sudah kenal betul siapa mereka. Jika ternyata kita membutuhkan waktu lebih lama, mungkin saja selama ini kita kurang  memahami tentang hal ini, yang ternyata menjadikan kita sesekali memiliki energi seperti mereka. Karena sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan siapa kita berteman, seperti itulah kualitas kita.

Lalu bagaimana agar kehadiran Positive Mover dalam kehidupan kita bisa menciptakan hasil yang produktif untuk semua pihak?

Mari kita coba Langkah – Langkah berikut:

  1. Pastikan mereka mendapatkan apresiasi yang pantas untuk setiap momen kehadirannya. Dengan demikian, mereka akan tahu bahwa kehadirannya sangat berharga bagi kita. Penghargaan tersebut akan membuat mereka melipatgandakan energi positifnya yang diberikan kepada kita. Pola seperti ini dimiliki oleh sebagian besar tipe Positive Mover.
  • Manfaatkan setiap momen kebersamaan dengan mereka, untuk mendapatkan pelajaran yang bermanfaat. Jadilah observer yang baik, yang mampu menggunakan mata dan hati untuk melihat kelebihan – kelebihan mereka. Amati sikap yang paling efektif yang secara konsisten mereka tunjukkan. Contoh: cekatan, antusias, sabar, fokus menyimak, gigih, tersenyum dsb. Dari sikap yang mereka tunjukkan, pilihlah mana yang ingin kita aplikasikan dalam diri kita.
  • Selanjutnya, pelajari kata dan kalimat yang diucapkan yang bisa membuat kita merasa bersemangat, bergairah, seolah -olah selalu memiliki harapan baru. Catatlah kata dan kalimat tersebut serta rekam juga bagaimana nada suara yang digunakan saat menyampaikan kata/kalimat tersebut kepada kita. Kita akan bisa merasakan perbedaannya jika kita mulai belajar mengaplikasikan dalam interaksi dengan orang lain.
  • Bayangkan diri kita menjadi pribadi yang sama efektif-nya dengan mereka. Apa yang kita rasakan?
  • Lakukan dengan sengaja semua hal – hal baik yang mereka biasa lakukan kepada kita. Ulangi secara terus menerus hingga menjadi kebiasaan – kebiasaan.

Bagaimana? Tentu kita semua bisa, dengan dibekali kemauan yang tinggi untuk menjadi pribadi yang lebih bersemangat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top